Gencatan Senjata Israel tanpa ada kesepakatan dengan Hamas

Sumber-sumber pemerintah Israel dan diplomasi internasional yang menyatakan bahwa Israel akan melaksanakan gencatan senjata sepihak di Jalur Gaza tanpa ada kesepakatan dengan Hamas, setelah memperoleh sebuah komitmen Mesir-Amerika untuk mencegah penyelundupan senjata ke Jalur Gaza juga anak melakukan penelitian hal-hal lain seperti pembukaan perbatasan yang melalui perjanjian internasional tertentu.

Seperti diterima dari penjelasan wartawan Al-Jazeera di Yerusalem Walid Omari akan membentuk dewan keamanan pada hari Sabtu yang dihadiri perunding Israel Amos Gilad yang akan menjelaskan dan memberikan klarifikasi atas tanggapan Hamas mengenai inisiatif Mesir.

Dia menambahkan, pertemuan akan membahas kemungkinan yang mengarah pada gencatan senjata sepihak di Jalur Gaza setelah mencapai tujuan-tujuan politik dari operasi militer, dengan merujuk kepada kecenderungan Israel yang menuntut pemerintah untuk terus berperang.

Israel juga meminta persyaratan yaitu pembebasan tentara Israel Shalit yang sudah ditahan hamas dari tahun 2006 silam. Amos Gilad juga berkata dalam beberapa kunjungan ke Mesir dan Ketua Umum intelijen Omar Suleiman bahwa Israel akan setuju untuk membuka jalur perbatasan dengan Jalur Gaza jikalau hamas melepaskan prajurit israel Shalit.

Penerjemah: M Hasbi
 
© Copyright by Berita Timur Tengah  |  Template by Blogspot tutorial